Senin, 27 Januari 2020

Cara Bercocok Tanam Tomat Di Polybag

Seperti inilah Cara Bercocok Tanam Tomat yang bisa coba anda terapkan supaya tanaman tomat anda tumbuh dengan subur dan berbuah lebat.

https://carabercocoktanamtomatyangbaik.blogspot.com/2018/11/cara-bercocok-tanam-tomat-di-polybag.html

Tahukah anda bahwa ternyata tomat ini di kategorikan sebagai sayuran meskipun memiliki struktur buah. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi 0 hingga 1500 meter. 

Tanaman tomat biasanya menghendaki tanah yang subur dan gember dengan pH sekitar 5-5,7. Tomat ini dapat tumbuh di berbagai media seperti lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau polybag. 

Tahukan anda bahwa kini tomat memiliki 400 lebih varietas tomat yang di tanam secara global atau universal. 

Beberapa jenis tomat
Tomat buah, Tomat ini dapat di sebut sebagai tomat granola , tomat ini memiliki bentuk dasar bulat dengan pangkal yang mendatar

Tomat gondol,Tomat jenis ini memiliki bentuk lonjong , dan sering di gunakan untuk bahan dasar pembuatan saus 

Tomat sayur , Tomat jenis ini biasanya kita jumpai di dapur dapur yang mana memiliki tektur keras dan rasanya tidak manis cenderung asam.

Tomat cherry, jenis tomat lain nya adalah tomat cherry yang berbentuk kecil seperti buah cherry , rasa nya pun kombinasi ada manis manis dan asam.

Itulah beberapa jenis tomat, mau menanam tomat , tapi tidak tahu cara nya harus mulai dari mana ? Di bawah ini kami akan berikan informasi lengkap seputar Cara Bercocok Tanam Tomat Di Polybag.

Inilah Cara Bercocok Tanam Tomat Di Polybag

  • Memilih jenis dan varietas tomat
Tentunya sangat di sarankan sebelum memulai untuk menanam tomat di polybag sebaik nya anda melakukan pemilihan akan jenis tomat dan juga varietas nya di sesuaikan dengan jenis lahan yang di sediakan.

Rekomendasi bisa dengan menggunakan varietas tomat GH2 dan GH4 yang mana jenis ini dapat di tanam di daerah dataran tinggi dan juga dataran rendah.
  • Memilih benih
Tentunya supaya hasil panen tomat yang di tanamn di polybag nya nanti maksimal haruslah menggunakan benih unggul yang mana bersumber dari yang terpercaya, jangan sampai anda menggunakan benih abal abal yang akan mendatangkan kerugian dalam menanam tomat. 

  • Menyemai benih
Sebelum masuk melakukan tahap menanam , sebaik nya anda semai terlebih dahulu hingga benih yang awal mula nya berupa biji menjadi bibit tanaman. Tentunya hal ini di perlukan karena benih yang baru tumbuh memerlukan perlakukan yang khusus supaya tanaman tumbuh secara optimal.

  •  Menyiapkan media persemaian
Harus anda ketahui jika benih haruslah di semai terlebih dahulu jadi anda harus menyiapkan wadah untuk tempat menyemai benih, pilih lah tempat semai yang terlindung dari hujan dan sinar matahari secara langsung , media semai bisa bedengan, rak semai atau bahkan polybag semai. 

https://carabercocoktanamtomatyangbaik.blogspot.com/
  • Penyiraman benih
Setelah anda melakukan tahapan menyemai benih makan anda cukuplah menyiram dengan air bersih sebanyak 2 kali dalam sehari. 

Lakukanlah penyiraman dengan berhati hati supaya media tidak rusak dan gagalnya penyemaian pada benih.

Untuk pemberian pupuk pun jangan di lakukan secara langsung akan tetapi tunggu hingga dua minggu benih di semai, di rekomendasikan untuk penggunaan pupuk menggunakan pupuk cair organik, kompos atau menggunakan NPK.
  •  Pemindahan benih
Benih yang telah di semai hingga menjadi bibit tanam tadi, siap untuk di pindahkan jika sudah sebulan  atau anda dapat melihat benih yang memiliki daun 5 helai maka itu ciri bibit telah siap untuk di pindahkan.

https://carabercocoktanamtomatyangbaik.blogspot.com/

  •  Menyiapkan media tanam/ polybag
Bibit tomat telah siap untuk di pindahkan , akan tetapi sebelum memindahkan bibit tomat maka anda perlu menyiapkan media tanam nya terlebih dahulu yaitu polybag. 

Jika anda sudah menyiapkan polybag isilah dengan bahan bahan seperti tanah arang, sekam,dan kompos dengan perbandingan 2:1:1
  • Menanam tomat dengan teknik cabut
Dalam tahapan menanam tomat , ada dua cara menanam tomat yaitu dengan cara di cabut dan cara di putar. Untuk menggunakan cara cabut bisa dengan memindahkan bibit tanaman ke media tanam polybag dengan cara :

Siram media semai dengan air supaya semai menjadi gembur dan mudah untuk di cabut, cabut bibit tanaman dengan hati hati agar bibit tidak rusak dan usahakan akar bibit tidak putus atau rusak

Gemburkan tanah pada media tanam polybagi yang telah di siapakan , tancapkan atau tanam bibit segera tegak lurus di lubang tanam yang telah di siapkan di polybag sebagai media tanam

Atur tanaman yang menancap ke dalam lubang tanam dengan menyesuaikan ke lubang tanam dengan menyesuaikan panjang akar yang ada di bibit tanaman tomat tersebut.

  • Pemeliharaan dan perawatan
Untuk merawat atau memelihara tanaman tomat dalam polybag ini sangat mudah untuk di lakukan , dan juga untuk kesehatan tanaman yang berada di polybag lebih terjamin dan bisa menghindari penyakit tanaman atau hama melalui akar tanaman. Siramlah tanaman tomat anda dengan secara berkala 2 kali dalam sehari.
https://carabercocoktanamtomatyangbaik.blogspot.com/

  • Permberantasan gulma
Dalam penyiraman sebaik nya jangan terlalu basah supaya akar tanaman nya tidak membusuk karena terlalu banyak kadar air dalam tanah. 

Anda perlu menyiangi gulma pada tanaman tomat anda secara teratur dan berkala, saat anda melihat tanaman layu atau mati sebaik nya cabut dan buang.

  •  Pupuk tanaman
Saat tanaman tomat anda telah berumur sekitar satu minggu sebaik nya anda memberikan pupuk kompos pada tanaman anda cukup dengan segengam saja di setiap polybag. Lakukan hal ini setiap bulan nya. Anda dapat juga menambahkan pupuk buah atau organik cair di tanaman tomat anda.

  •  Penyemprotan tomat
Saat anda melihat tanaman tomat terserang hama , ambil hama tersebut secara manual saja bisa dengan menggunakan tangan yang di lindungi oleh sarung tangan, lalu buang hama tersebut dan daun batang yang terkena hama tadi.

  •   Panen
Biasanya tomat akan di panen setelah 3 bulan jika di tanam di media polybag akan tetapi hal itu tergantung dari varietas benih tomat yang anda gunakan.
Tomat dapat di panen saat buah tomat yang awal mula nya berwarna hijau berubah menjadi hijau kekuning kuningan.

Itulah Cara Bercocok Tanam Tomat yang bisa coba anda lakukan di polybag, tentunya tidak ada salah nya untuk anda mencoba menanam dengan cara ini . Semoga informasi yang di bagikan bisa bermanfaat untuk anda. 


1 komentar: